jump to navigation

Kutu Loncat Berkarir di MLM 10 Juli 2007

Posted by Kholid Ferdiansyah in K-Link, K-Link Pendidikan, K-Link Sikap.
trackback

PERHATIAN : Silahkan sediakan kantong platisk jika saat ini anda masih alergi atau paranoit dengan MLM.

kutu.jpg
ops… jangan salah mendefinisikan tentang “KUTU LONCAT”, apakah saat ini anda sudah memiliki sebuah definisi tentang “kutu loncat”..

“kutu” adalah sejenis hewan “parasit” yang hidup di manusia maupun hewan, sedangkan “loncat” di definisikan sebagai kegiatan to move atau “bergerak”.

Namun dalam artikel ini “kutu loncat” di definisikan sebagai “manusia pelaku bisnis MLM (Multi Level Marketing) yang sering berpindah-pindah perusahaan dengan tujuan mencari uang yang besar”.

Definisi ini tidaklah mutlak, masih boleh dikembangkan dengan opini anda juga.. Berikut adalah secuil opini yang ingin saya tuangkan dalam artikel ini.

Pertanyaan yang paling mendasar dalam artikel ini adalah :
Apa tujuan anda menjalankan bisnis MLM ?

Biasanya muncul 3 kategori pokok yaitu 10% karena Produk, 80% karena Uang dan 10% sisanya karena Karir.

Ok, kita akan bahas satu persatu kategori di atas :
1. Tujuan Pelaku MLM karena Produk, biasanya komunitas ini adalah komunitas yang menggunakan produk MLM sebagai media untuk pemeliharaan kesehatan, dan keuntunganya adalah dia akan mendapatkan bonus belanja (harga member atau konsumen)

2. Tujuan Pelaku MLM karena Uang, ini adalah salah satu alasan mengapa MLM di Indonesia sebagai hal yang manakutkan (paranoit) di masyarakat kita, sebab type ini biasanya “memakan korban” yang jumlahnya tidak sedikit. Ciri utama dari type ini biasanya bermain di perusahaan MLM yang memiliki bonus dari rekruitment anggota baru, hal ini bisa di gunakan sebagai tool’s untuk mendapatkan uang yang banyak. dan Produk di gunakan sebagai “Tutup point”. type ini hanya akan melahirkan memimpin yang itu-itu saja, dan orangnya juga itu itu saja, dan biasanya Si KUTU loncat ada di type ini.

3. Tujuan Pelaku MLM karena Karir, ini adalah type ideal yang bisa di jadikan alternatif untuk menjamin kehidupan di masa mendatang, Karir akan mengubah masa depan kita baik dari segi finansial, pengetahuan ataupun peradaban. dan karir hanya dan hanya tercipta dari ketulusan yang kita sediakan untuk usaha yang sedang kita jalani (loyalitas)

Dalam artikel ini saya ingin mengajak semua pihak yang saat ini menjalankan atau masih dalam penjajakan di dunia MLM untuk menjadikan MLM sebagai alternatif baru dalam mendapatkan karir, Namun…. ada banyak faktor yang harus di tinjau saat anda memutuskan untuk berkarir di dunia MLM, Berikut adalah faktor dasar saat anda memutuskan untuk berkarir di dunia MLM :

A. Kredibilitas Perusahaan, Fungsi ini adalah fungsi terpokok dalam usaha MLM, karena sebaik apapaun Anda saat ini jika berada di perusaahaan yang salah maka anda bisa saja menjadi seorang yang “pecundang“. Cek legalitas perusahaan, dan sejauh mana visi dan misinya.

B. Produk harus Unik dan Revolusioner, Unik bisa diartikan tidak ada di perusahaan lain dan Revolusioner adalah ijin produk adalah yang original dan pertama. Produk harus di terima di masyarakat, cek apakah repeat ordernya cukup tinggi, dan cek juga apakah produk mudah digunakan dan tidak memiliki resioko. dan produk yang paling spektakuler adalah produk yang berorientasi pada bidang kesehatan, karena bisnis kesehatan bersifat Unlimeted

Ada paradigma di masyarakat kita bahwa :
…….kebanyakan produk MLM itu mahal, dan sulit untuk di pasarkan….
Ini ada mekanisme mengapa produk MLM itu mahal, produk MLM adalah produk yang berkualitas dan biasanya memiliki fungsi yang sangat signifikan dengan kebutuhan masyarakat, dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas, hal ini menyebabkan produk MLM “agak” mahal, misal kenapa KINO (koyok) itu harganya Rp. 35.000 per helai. itu karena Kino unik dan mudah digunakan dan fungsinya adalah spektakuler.

Dan alasan kedua tentang produk MLM yang sulit di pasarkan adalah tidak bener. selama ini yang kita temui adalah kita tidak pernah belajar bagaimana cara menjual yang tepat, silahkan dengarkan atau berguru pada pak TUNG DESEM WARINGIN tentang Sales Magic, anda akan belajar menjual apapun dengan harga berapapun yang anda inginkan, atau kita harus bisa megklasifikasikan produk MLM ke dalam strata ekonomi masyarakat, misal untuk masyarakat Midal UP mereka mengkonsumsi suplemen yang memiliki fungsi sebagai pemeliharaan dan mereka juga mengkonsumsi produk yang bisa membuat mereka lebih awet muda (kecantikan dan kebugaran) sedangkan di starata yang rendah kita bisa pasarkan produk teh, kopi dan odol yang sangat terjangkau dan memiliki fungsi untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Dalam usaha ini memang kita harus bekerja keras untuk mendistribusikan produk ke masyarakat luar, dan ini menuntut sebuah pengorbanan yang maksimal dari pelaku bisnis ini. biasanya perusahaan MLM memberikan banyak promosi untuk para mitranya seperti beli 6 gratis 1 atau beli sebuah paket dapat gratis berapa $. Dan promosi ini sangat membantu kita dalam berkarir.

C. Marketing Plan (MP), coba anda renungkan dan pikirkan tentang kesempurnaan marketing plan di K-link yang memakai konsep Break Away.

11 Juni 2007
Saya ingin membandingkan antara pendapatan Manjajer K-link dengan Manajer di “kelurahan lain” coba dech hasilnya jika kita bermain di titik “normal”, saya yakin hasilnya akan lebih maksimal manajer di K-link.

Ada juga yang menyatakan berjualan 400 BV (atau setara 1,6 – 2 juta) itu berat, namun menurut saya lebih berat lagi kalau kita harus membukan dan mengelola 10 print line (leg). Dengan repeat order yang tinggi nilai 400Bv bukan hal yang sulit.. apalagi di K-link besar BV setiap produk besar misal Clorofil 29 BV atau Kino 60 BV (14 klorofil sudah lebih dari 400BV).

Kebanyakan orang Asia itu “agak” sulit memenej orang (lha memenej diri sendiri aja sulit) , dari hal ini k-link mencoba untuk meminta para mitranya dengan hanya memenj 3 pront line sampai 5 pront line. Hanya dengan 3 pront line bisa mendapatkan jenjang karir RCA (Royal Crown Ambasador).

Ada rumor di masyarakat seperti ….Yang penting join aja kemudian tidak bekerja….. rumor spt ini lah yang membuat citra MLM di indonesia terpuruk, kenapa banyak orang yang “TERPEDAYA” dengan rumor ini…

di K-link itu terdapat 2 plan (strategi) yang jika dilakukan bisa mendapatkan dalam satu pekerjaan dua manfaat.. ini yang jarang di miliki oleh MLM yang lain.

Saya ingin mengajak semua pihak untuk mendalami bahkan mempelajari secara total Marketing Plan K-link, saat saya mengikuti BT1 (bisnis training 1) di solo Kandang sapi.. saya benar bener kagum melihat marketing plan k-link yang memungkinkan berpenghasilan 22 Milyar hanya dengan mempokuskan di sebuah titik bonus.. Hal lain yang saya dapatkan saat itu adalah : Marketing plan yang Trasparat dan Proporsional baik dari manajement maupun dari kemungkinan terjadinya system error.

D. Tempat
Pilihlah MLM yang “mudah” di temukan di semua wilayah baik mudah untuk menemukan fisik/kantor/stokisnya maupun mudah untuk mendapatkan produknya.

sebagai gambaran saat ini K-link memiliki kantor di 60 Negara sedangkan di indonesia memiliki kantor hampir di semua kota (lihat menu stokist) dan k-link juga menyediakan Mobil Stokit untuk member yang jauh ke stokit. Fungsi Stokit adalah tempat terminalnya produk bahkan bisa di jadikan sebagai “universitas” untuk penambahan pendidikan para anggotanya.

E. Support System (sistem pendidikan)
Ada banyak sekali MLM yang tidak memiliki Suport system, hal ini akan memandulkan SDM… karena tidak ada inovasi terkini. Di K-link menyediakan modul pelatihan hampir 20 jenis… Hal ini akan memberikan kontribusi terbesar untuk pengembangan karir dan potensi diri para anggotanya.

Sistem pendidikan yang terjadual di semua kota, akan memacu cepatnya pertumbukan bisnis ini, dengan terskedulnya jadual pelatihan di semua kota akan memudahkan para mitra untuk pengembangan jaringan bisnis tanpa harus menuju kota lain. karena telah tersedia sebuah tools yang bisa di gunakan di semua kota dan tempat.

F. SDM/ Sumber Daya Manusia
SDM adalah sumber ter “urgent” sebaik apapun perusahan, produk, support system, harus juga di imbangi dengan SDM yang kualitas baik sikap ataupun comitment nya dalam pengembangan usaha ini.

Perlu di ketahui, banyaknya orang gagal di dunia MLM kebanyakan karena SDM nya sendiri, walaupun ada beberapa % karena faktor perusahaan atau Produknya.

Agar bisnis ini berkembang maka harus bayak lahir manusia unggul yang kemudian di sebut leader (pemimpin), Beberapa karakteristik SDM yang akan menjadi pemimpin adalah :
#. Berkarisma
#. Memiliki Personality Plus jangan “JARKONI” (yang diucapkan adalah yang dilakukan
#. Peduli (care)
#. Berani, Berani untuk merubah masa depan (jangan takut gagal, atau takut miskin, atau takut keluar/hijrah)
#. Tulus dan Iklash (Membantu untuk sukses bukan memanfaatkan Orang)
#. Total Comitment untuk Fokus dan Figh
#. Komunikatif
#. Pembelajar

Kunci sukses itu antara lain :
1. Tujuan yang jelas
2. Ambisi (keinginan yang Membara)
3. Jujur

K-link telah banyak melahirkan pemimpin-pemimpin baru, orang Indonesia adalah orang yang pertama kali memecahkan rekor tertinggi di K-link, buat Ir. Irwansyah, saya kagum pada bapak…

saya yakin semua orang bisa menjadi pemimpin, kuncinya hanya “mau”
Silahkan ambil kesempatan ini…
Sukses untuk anda…

Terimakasih

Komentar»

1. wahyu mulyantoro - 13 September 2007

saya tertarik join,tlong jwb prtyan saya

seandainya saya join dg k-link,dg full time n full heart, setiap hari saya prospek min 2 org kira2 dlm setahun saya sudah punya income berapa ? dapatkah anda jamin ? saya mau punya income 100 jt /bln dlm waktu brapa lama sy akan dapatkan ? kira2 saya dan sudah berapa bnyk yg punya penghasilan seperti itu saat ini di indonesia ?

terima kasih

2. Bagus Kusuma - 6 Oktober 2007

Mas Kholid kok gak ngejawab pertanyaan Saudara Wahyu, sih ! Nanti Anda dikira jual mimpi lho.

Saya aja lah yang jawab. Dari pengalaman Anda bisa dapat 100 juta jika Anda sudah bergabung antara 2 s.d. 4 tahun tergantung usaha Anda.

Contoh real yang lebih sederhana adalah, Saya punya Upline namanya M. Alam Firmansyah (DM) penghasilannya sudah diatas 10 juta/bulan setelah dia gabung selama 2,5 tahun. Itupun sempat vakum selama beberapa bulan. Hebatnya, downlinenya Alam yang namanya Intan sudah mencapai penghasilan diatas 10 juta hanya dalam waktu 1 tahun lebih. Mendahului uplinenya.

Kalu gak percaya bisa cek orangnya (Alam 081314167293). Saya sendiri Bagus Kusuma (081388067055) baru gabung dua bulan dan belum menghasilkan apa-apa karena belum berbuat banyak🙂 masih internalisasi.

Mas Kholid ngomong2 saya juga alumni SMU 1 masuk tahun 1994. Sampeyan sempet kenal saya gak ? Di SMU saya di panggil JG.

3. arwan - 8 November 2007

Mas apa yang dilakukan sudah bagus, tapi kalau bisa jangan menggunakan kata TERIMA KASIH pada setiap akhir artikel. Mas hanya menginformasikan sebuah peluang,bagi yang membaca artikel mas adalah sebuah keberuntungan. Ingat kita hanya memberi bukan meminta,seharusnya mereka yang terima kasih.

4. Helmy - 12 November 2007

Silahkan anda lihat di majalah Global Network terbaru yang dikeluarkan oleh PT K-Link International. Ada namanya Leaders Club. Penghargaan bagi member K-Link yang konsisten selama 3 bulan berturut-turut memiliki penghasilan mulai 10 jt sampai dengan diatas 100 jt.

Masalah Business Plan silahkan kirim email ke :

helmy.esmart@gmail.com. Nanti akan saya buat analisa nya agar bisnis ini Realistis.

Trims

5. Kartika - 9 Februari 2008

Sekali lagi kembali kepada bagaimana proses pembelajaran yg anda lakukan kepada down line anda…Seandainya setiap org yg bergabung langsung 400 Bv dan punya down line 3 orang juga 400 BV, begitu seterusnya…maka dalam waktu sekitar 2 tahun Anda akan sampai pada titik 100 juta/bulan…Bukan begitu Mas Khalid???? Sukses untuk Anda!

6. MT - 25 Februari 2008

orang yang punya income 100 juta di K-Link sudah lebih dari 50 orang bos! yang 50 juta lebih banyak

7. Panji - 14 Mei 2008

prospek 2 orang/ hari berarti 60 orang dlm sebulan.bisnis k-link adalah duplikasi dengan anda duplikasikan kemampuan anda. kalau anda duplikasikan 5 front line dalam setiap level maka di bulan ke 12 anda sudah berpenghasilan 100 juta lebih. dengan jumlah total jaringan anda kuarang lebih 1050 orang jika “terduplikasi sempurna”. ini jaminan. namun yang terjadi di indonesia dan negara lainya hal ini belum ada yang mampu. namun mereka yang berperingkat SCA mereka sudah berpenghasilan 100 jt lebih bahkan peringkat CA pun ada yang berpenghasilan 300 jt. di indonesia peringkat tertinggi terbanyak dan tercepat di dunia. jumlahnya sekarang sudah lebih dari 10 orang. prestasi yang bagus bagi perusahaan yang baru berdiri 6 tahun. selamat bergabung, panji-IDJRID012395 (HP 081335801649)

8. bravo9682 - 17 Mei 2008

salam kenal untuk anda MLM-mers K-Link
kunci utama menjalankan MLM adalah dengan di mulai dengan menjual produk karena konsep MLM itu akan berjalan jika distributor lebih banyak untuk meningkatkan selling produk sebagai the way of marketing. kenapa hal ini harus dilakukan sebagai kegiatan yang wajib selain kegian rekruting member baru? pelajarilah marketing plan anda
marketing plan MLM anda jalankan ada 2 plan yaitu plan a dan plan b
pelajarilah hal-hal yang mungkin belum anda ketahui atau mungkin leader anda belum ngasih tahu anda. seperti :
pada peringkat apa anda akan diwajibkan untuk tutup poin tiap bulannya, apakah tutup point akan meningkat begitu peringkat anda naik? ingat tutup point harus anda lakukan, kalau tidak anda tidak dapat bonus.

ada sistem break away atau break bonus jika di jaringan atau di kaki anda memiliki downline yang berpringkat sama dengan anda, maka anda tidak dapat bonus dari omzet downline anda yang memiliki peringkat sama atau bahkan lebih tinggi dari anda. kalaupun dapat biasanya persentasenya kecil sekali

adanya sistem break bonus dan break away tadi, mau tidak mau anda akan mengembangakan kaki baru atau memacu kaki anda yang telah ada untuk berperingkat sama dengan anda sehingga peringkat anda menjadi naik lagi di atas downline anda

ingat, pada peringkat tertentu anda akan dikenakan wajib melakukan yang namanya sidevolume artinya adalah anda harus mengembangkan kaki diluar jaringan anda yang memiliki peringkat sama dengan anda. besarnya kewajiban side volume ini berbeda-beda tergantung peringkat anda apakah peringkat ruby manager, senior crown ambassador atau peringkat puncak royal crown ambassador

kewajiban dari side volume adalah untuk mengeluarkan bonus yang namanya bonus leadership/kepemimpinan dan biasanya untuk mendapatkan bonus sharing profit entah itu nasional atau internasional.

selain kewajiban side volume anda harus dikenakan targe omzet tiap bulannya atau bahkan pertiga bulan (tergantung syarat dan kondisi berlaku) untuk mendapatkan bonus sharing profit nasional maupun internasional

cobalah tanyakan ke upline atau leader anda mengenai hal itu. memahami seluk beluk marketing plan akan memberikan dampak yang positif bagi anda supaya anda tidak kaget begitu posisi anda mulai bagus dan nyaman.

tanyakanlah mengenai tutup poinnya, break bonus/away, side volume, target omzet agar kualified pada plan B anda, agar anda dapat menyusun strategi yang handal bagi anda dan jaringan anda.

salam sukses

silahkan main ke blog saya di http://www.bravo9682.wordpress.com

9. setyo - 14 Juni 2008

maaf mo tanya, artikel yang anda tulis di atas itu sumbernya dari mana?
Dari K-system langsung/kaset-kaset sponsor atau tidak kok tdk langsung dicantumkan!

10. Aris Gunawan - 28 Januari 2009

Sebelum anda prospek orang lain sebaiknya anda coba dulu produknya jd jgn hanya maunya ngajak aja tapi kita harus tahu apa yg kita jual


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: